Profesionalisme Kepala Sekolah adalah kata
kunci untuk peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan. Bila Kepala
Satuan Pendidikan tidak menunjukkan kompetensi profesional dalam mengelola
satuan pendidikan maka pengembangan mutu yang diemban sekolah tersebut tidak
akan pernah berkembang. Demikian pula kemampuan pegagogik yang menjadi roh
dalam mengelola proses pembelajaran di kelas.
Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme Kepala Sekolah melalui Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) di Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) bagi
Kepala SMP Kota Parepare.
Objek penelitian adalah Peningkatan Profesionalisme dalam Menyusun RPP. Sasaran penelitian adalah 5 (lima) orang Kepala SMP yang terhimpun pada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKSS) DInas Pendidikan Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan selama 2 (dua) siklus dengan 3 kali pertemuan tiap siklusnya dan Instrument yang digunakan) adalah lembar Penilaian Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada tiap siklus.
Objek penelitian adalah Peningkatan Profesionalisme dalam Menyusun RPP. Sasaran penelitian adalah 5 (lima) orang Kepala SMP yang terhimpun pada Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKSS) DInas Pendidikan Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah yang dilaksanakan selama 2 (dua) siklus dengan 3 kali pertemuan tiap siklusnya dan Instrument yang digunakan) adalah lembar Penilaian Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui
Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dapat meningkatkan Profesionalisme
Kepala SMP Kota Parepare.
No comments:
Post a Comment